Cara agar Bayi cepat bicara

Bagaimana kalian dapat mendorong perkembangan bahasa anak dan apa yang terjadi antara 18 hingga 24 bulan untuk balita? Cari tahu lebih lanjut di sini.

Pada usia 18 hingga 24 bulan, anak-anak mencoba hal-hal baru dan menjelajahi dunia di sekitar mereka lebih aktif. Mereka akan sering memilih kegiatan mereka sendiri dan mungkin tidak selalu suka diberi tahu apa yang harus dilakukan yang dapat menyebabkan tantrum balita.

family-1784371_960_720

Anak-anak mengembangkan keterampilan berbicara dan bahasa pada tingkat yang berbeda, tapi selama dua tahun, mereka biasanya berkonsentrasi pada kegiatanny lebih lama seperti…….

  • bermain dengan mainan tertentu.
    Duduk dan dengarkan cerita sederhana dengan gambar.
  • Memahami antara 200 hingga 500 kata.
    Pahami pertanyaan dan instruksi yang lebih sederhana. Misalnya ‘di mana mobilmu?’ dan ‘tunjukkan hidungmu’.
  • Salin suara dan kata-kata banyak.
    Gunakan 50 kata atau lebih. Ini juga akan menjadi lebih dapat dikenali oleh orang lain.
  • Mulailah membuat kalimat pendek bersama dengan dua atau tiga kata, seperti hallo mama/papa atau bye.
  • Nikmati berpura-pura bermain dengan mainan mereka, seperti memberi makan boneka.
  • Gunakan bunyi dalam jumlah terbatas dalam kata-kata mereka sering ini adalah p, b, t, d, m dan w. Anak-anak juga akan sering melewatkan kata-kata akhir pada tahap ini. Mereka biasanya dapat dipahami sekitar separuh waktu.
  • Bagi sebagian anak, mengembangkan komunikasi bisa menjadi proses yang sangat sulit. Mereka mungkin membutuhkan bantuan ekstra untuk mengembangkan keterampilan mereka.

Orang tua harus khawatir jika dua tahun, jika anak kita mengalami hal ini

  • Lambat mengikuti instruksi sederhana.
  • Tidak mengatakan 25 kata yang bisa dikenali.
  • Jika kalian memiliki kekhawatiran, kalian harus segara datang ke dokter umum atau dokter anak.

Membantu membuat anak kalian berbicara
Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendorong balita berbicara pada tahap ini:

  • Bicara tentang kegiatan sehari-hari seperti membuang sampah misalnya. Ini membantu anak-anak untuk menghubungkan bahasa ke dunia di sekitar mereka.
  • Gunakan objek dan gerakan untuk membantu mereka memahami instruksi dan pertanyaan. Juga berguna untuk memberi anak dua atau tiga pilihan, seperti, “apakah Anda ingin boneka atau sepatu?” , “Apakah ini hidung atau telapak kaki Anda?”
  • Baca buku bersama. Melihat gambar-gambar dan mendeskripsikannya sama bagusnya dengan membaca cerita.
  • Ulangi dan perluas apa yang dikatakan anak. Jika seorang anak mengatakan ‘ini’ kalian bisa mengatakan ‘lebih banyak ini’, ‘ini,’ atau ‘ini saya’. Ini menunjukkan pada anak kalian bagaimana kata-kata bisa disatukan untuk membuat kalimat pendek.
  • Anak-anak belajar bunyi ujaran secara bertahap. Lebih baik mengatakan seluruh kata kembali ke anak daripada mengoreksinya. Ini juga membantu mereka jika mereka dapat melihat wajah kalian ketika kalian berbicara dengan mereka. Ini membantu mereka untuk menonton dan menyalin gerakan bibir kalian.
  • Anak-anak dapat frustrasi ketika orang dewasa tidak memahaminya. Ini bisa menyebabkan tantrum. Mendorong seorang anak untuk menggunakan gerakan atau tindakan untuk objek dapat membantu. Cobalah bersabar dan tunggu mereka menyelesaikan apa yang mereka katakan atau coba tunjukkan kepada kalian.
  • Memberikan waktu pada anak untuk merespons juga mengajarkan mereka tentang bergantian.

itulah penjelasan dari saya, Semoga dapat membantu bayi kalian lebih cepat berbicara.

Depresi pasca melahirkan dan Baby Blues

1395925651103

Baby blues adalah normal, tapi jika gejala tidak hilang setelah beberapa minggu dan tidak membaik, kalian mungkin menderita depresi pasca melahirkan. Ada banyak hal yang bisa kalian lakukan untuk merasa lebih baik, dan kembali untuk menjadi ibu yang bahagia. Tidak ada alasan tunggal mengapa beberapa ibu baru mengalami depresi pasca melahirkan dan yang lainnya tidak, tetapi sejumlah penyebab dan faktor risiko yang saling terkait diyakini berkontribusi terhadap masalah tersebut.

Apakah ini baby blues atau depresi pasca melahirkan?
kita baru saja punya bayi. kita diharapkan untuk menikmati peran sebagai ibu baru. kita diharapkan merayakan kedatangan si kecil dengan teman dan keluarga kita. Tetapi alih alih merayakan, kita merasa tidak bahagia. kita dipersiapkan untuk kegembiraan dan kebahagian bukan kelelahan, kecemasan dan ketidakinginan. kita mungkin tidak mengharapkannya, tetapi depresi ringan atau kecemasan dan perubahan suasana hati adalah umum pada ibu baru, kenyataannya itu memiliki nama sendiri yaitu baby blues.

Mayoritas perempuan mengalami setidaknya beberapa gejala baby blues setelah melahirkan. Perasaan itu di simpan oleh perubahan hormon yang tiba tiba setelah melahirkan, stres, isolasi, kurang tidur, dan kelelahan.  kita mungkin merasa tidak happy, kewalahan, dan rapuh secara emosional rasanya ingin teriak saja. Umumnya, ini akan mulai dalam beberapa hari pertama setelah melahirkan, memuncak sekitar satu minggu, dan lancip pada akhir minggu kedua postpartum

Tidak seperti baby blues, depresi pasca melahirkan adalah masalah yang lebih serius salah satu yang tidak boleh kita biarkan begitu saja. tapi, tidak selalu mudah membedakan keduanya.Pada awalnya, depresi pascamelahirkan dapat terlihat seperti baby blues yang normal. Faktanya, depresi pascamelahirkan dan baby blues memiliki banyak gejala, termasuk perubahan mood, tangisan, kesedihan, insomnia, dan iritabilitas. Perbedaannya adalah bahwa dengan depresi pasca melahirkan gejalanya lebih parah misalkan pikiran untuk bunuh diri atau ketidakmampuan untuk merawat bayi yang baru lahir dan perasaan itu ada lebih lama

Salah satu hal terbaik yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan atau menghindari depresi pascamelahirkan adalah dengan merawat diri sendiri. Semakin kita merawat kesehatan mental dan fisik kita, perasaan kita pun akan semakin membaik. Perubahan gaya hidup yang sederhana dapat membantu kita untuk merasa seperti siapa kita diri kita

Tidur cukup, 10jam penuh mungkin seperti kemewahan yang tidak dapat dicapai ketika kita urusan dengan bayi yang baru lahir, tapi tidur yang buruk membuat depresi semakin buruk. Lakukan apa yang dapat kita lakukan untuk mendapatkan banyak istirahat dari meminta bantuan pasangan kita atau anggota keluarga untuk tidur siang ketika kita bisa untuk tidur.

Berlatih meditasi mindfulness. Penelitian mendukung efektivitas perhatian untuk membuat kita merasa lebih tenang dan lebih berenergi. Ini juga dapat membantu kita menjadi lebih sadar apa yang dibutuhkan dan apa yang kita rasakan, karna ini kutipan dari article luar penjelasan meditasi sebetulnya banyak bagi kita orang indonesia kita bisa berdoa dengan ajaran masing2 karna menurut penilitian juga berdoa yang fokus itu sama dengan meditasi  -dikutip dari helpguide-

Jadikan makanan sebagai yang utama. Ketika kita depresi, kita jadi sulit makan alhasil kita menjadi kekurangan nutrisi. Apa yang kita makan berdampak pada suasana hati, serta kualitas ASI, lakukan yang terbaik untuk membentuk kebiasaan makan yang sehat.

Lewati pekerjaan rumah, Jadikan diri kita dan bayi kita prioritas. Beri diri kita izin untuk berkonsentrasi pada diri sendiri dan si bayi

Banyak hal berubah setelah kelahiran bayi, termasuk peran dan harapan. Bagi banyak pasangan, sumber utama ketegangan adalah pembagian tanggung jawab rumah tangga dan pengasuhan anak. Penting untuk membicarakan masalah ini, Jangan menganggap pasangan kita tahu bagaimana perasaan kita atau apa yang kita butuhkan.

Sangat penting untuk meluangkan waktu hanya untuk berdua ketika kita dapat terhubung kembali. tapi, jangan memaksakan diri untuk bersikap romantis atau berpetualang kecuali jika menginginkannya. tidak perlu berkencan untuk menikmati kebersamaan satu sama lain. Bahkan menghabiskan 15 atau 20 menit bersama tanpa gangguan dan fokus satu sama lain dapat membuat perbedaan besar dalam perasaan kedekatan.

 

Terapi individu atau konseling pernikahan, Terapis yang baik dapat membantu berhasil menangani penyesuaian ibu. Jika mengalami kesulitan bela diri atau merasa tidak didukung di rumah, konseling pernikahan bisa sangat bermanfaat.

Untuk kasus depresi pascamelahirkan di mana kemampuan kita berfungsi secara memadai untuk diri sendiri atau bayi kita terganggu, antidepresan dapat menjadi pilihan. tapi, obat harus dipantau secara ketat oleh dokter dan terbukti lebih efektif jika disertai dengan psikoterapi.

Bagaimana Memilih Terapi hormon, Terapi penggantian estrogen terkadang membantu dengan depresi pascamelahirkan. Estrogen sering digunakan dalam kombinasi dengan antidepresan. Ada risiko yang mengikuti terapi hormon, jadi pastikan untuk berbicara dengan dokter tentang apa yang terbaik dan paling aman untuk kita.

Jika orang yang kalian cintai mengalami depresi  pasca melahirkan, hal terbaik yang bisa kita lakukan adalah menawarkan dukungan. Beri dia waktu istirahat dari tugas pengasuhan anaknya, berikan telinga yang mendengarkan, dan bersabarlah dan pengertian.

Saya pernah mengalami nya sendiri betapa sulitnya ketika mengalami hal ini, semoga ini bisa membantu untuk para ibu baru yang mengalami hal ini walaupun saya berharap jangan sampai ada yang mengalami hal seperti ini.

 

 

 

Mengobati Flu pada anak

photolibrary_rm_photo_of_girl_blowing_nose_in_bed

Flu (influenza) adalah infeksi virus yang sangat menular pada saluran pernapasan. Ini mempengaruhi semua kelompok umur, meskipun anak cenderung terkena lebih sering daripada orang dewasa.

Flu bisa membuat seseorang merasa mual hingga seminggu. tapi biasanya tidak perlu perawatan medis kecuali seseorang mengembangkan komplikasi.

Orang yang berisiko tinggi untuk komplikasi serius dari flu termasuk anak-anak yang lebih kecil dari 5 tahun, wanita hamil, orang-orang dengan asma, dan mereka dengan sistem kekebalan yang lemah. Jika terkena flu dan gejala mereka dilaporkan dalam 2 hari pertama penyakit, dokter mungkin meresepkan obat antiviral. tapi obat obatan ini biasanya hanya memperpendek jalannya infeksi oleh 1 atau 2 hari.

Gimana Saya bisa Membantu anak, Jika anak terkena flu?

  • Berikan minum air putih yang banyak. Demam yang umum terjadi bersamaan dengan flu, dapat menyebabkan dehidrasi. Tawarkan air biasa dan buah buahan lunak (seperti melon atau anggur).
  • Anak-anak dengan flu sering tidak terlalu lapar, tapi tubuh mereka masih membutuhkan makanan untuk melawan penyakit. Pastikan si anak mengkonsumsi makanan yang mudah dicerna di malam hari.
  • Berikan acetaminophen atau ibuprofen.Jangan berikan aspirin kecuali dokter menyarankan ibu untuk melakukannya, karena telah dikaitkan dengan penyakit langka namun serius yang disebut sindrom Reye
  • Pakaikan baju hangat kepada anak untuk membantu demamnya supaya cepat pulih dan ajak anak untuk beristirahat

Jaga dirimu dan orang lain di rumah! Jika kamu belum melakukannya, bicarakan dengan dokter kalian tentang mendapatkan vaksin flu untuk kita dan anggota keluarga lainnya. Direkomendasikan setiap tahun untuk semua orang yang berusia lebih dari 6 bulan.

Jangan lupa untuk cuci tangan kita dengan baik dan sering, terutama setelah mengambil tisu yang sudah digunakan. semoga membantu. 🙂

 

 

Cara Ngatasin anak susah makan

avoid-fussy-eating-in-the-preschool-years.jpg

Gimana sih ngatasin anak susah makan?? Ya, kayanya ampir semua ibu nanya itu ke orang yang udah berpengalaman atau beli vitamin kadang juga sampe ke dokter untuk menanyakan tentang keadaan si anak kenapa si anak susah banget makan. Dari pengalaman pribadi ngurus anak sendiri yang memang anak baru bisa ini dan itu semakin besar semakin tau makanan ini makanan itu apalagi suka jajan tambah susah makan dan kita sebagai ibu pasti kuatir banget sama keadaannya karna pasti takut banget si anak kekurangan gizi dan lapar. Gimana sih caranya? yuk baca terus sampai selesai.

  1. Kebetulan anak udah bisa ngomong jadi saya coba mendekatkan diri sama dia pas mau makan sambil ajak ngobrol dan main main ringan, saya selalu tanya mau makan apa, dia suka makan apa dll.
  2. Jangan paksa anak memakanan makanan yang dia nggak mau makan atau dia nggak suka, usahakan kita selalu siap sedia makanan yang dia sukai. jadi pas dia mau makan apa yang dia mau kita bisa langsung siapkan.
  3. Ini sebenernya yang paling sering saya lakuin sama anak, ajak anak makan bareng sama kita alias kasih contoh sama dia walaupun kenyang ya makan aja dikit supaya dia bisa ikutin kita karna anak anak lebih suka ngikutin cara kita.
  4. Jangan ngebujuk anak makan sambil ngebandingin dia sama orang lain, biasanya kalau lagi ajak makan anak di luar saya sering banget denger ibu2 suka bandingin sama anak2 lain.
  5. Ganti kata kata seperti *MENYURUH* makan pada anak, biasanya kalau anak susah makan semakin di suruh semakin ga mau makan. perhalus perkataan seperti ajakan atau memberkan contoh kepada dia seperti yang udah saya tulis di atas.
  6. Oiya yang terakhir kebetulan anak masih nyusu, usahakan 2 atau 3jam sebelumnya jangan di kasih susu dulu supaya dia nggak merasa kenyang.

Semua cara di atas udah saya coba sama anak saya sendiri dan di tulis berdasarkan pengalaman sendiri, lumayan cukup berhasil walaupun anak saya nyemil nya banyak dan masih nyusu tetep aja kuatir banget kalau dia sampai ga makan seharian. Semoga berhasil juga buat yang coba cara saya. 🙂

Tips Ngelarang Anak yang nakal

Ga tau ini bisa di bilang tips atau bukan karna masalahya gue baru punya anak satu dan anak masih berusia 2thn 5bln, tapi gpp ya anggap aja ini sharing semoga bermanfaat juga buat ibu ibu muda yang baru punya anak kaya gue. Emang waktu ga berasa aja tau tau anak udah bisa negosiasi sama kita, udah bisa milih apa yang dia mau bahkan sampe pakai baju pun dia yang milih mau apa kalau nggak kita ikutin ngamuk. Gimana cara bilang ke anak supaya dia tetep merasa ucapan nya di denger???

not-suppose-to-treat-them-roughly

  • Yang pertama usahain jangan pernah bilang *Nggak boleh/Jangan cari kata lain sambil bujuk dia dengan yang lain tapi jangan bohong atau nakut2in karna yang gue liat ini paling banyak di lakuin para ibu supaya cepet si anak nurut tapi jangan lupa ini nggak bagus buat mental si anak. be smart mother yah.. dan cara ini gue selalu berhasil. \^^/
  • Kasih dia pujian kalau ngelakuin hal hal baik, kalau dari pengalaman gue si anak keliatan seneng banget ketika gue bilang “anak mimi pinter banget” muka dia beda banget sambil senyum2 meskipun dia masih kecil tapi dia cukup mengerti dan ini bisa ngebangun rasa percaya diri nya untuk melakukan hal2 baik lainnya.
  • Selalu dengerin apapun cerita dia, ini penting banget menurut gue ya mommy mommy muda meskipun dia anak2 tapi kita jangan menunjukan sama si anak kalau ucapan nya dia nggak berarti. ini juga bagus buat mental nya si anak.
  • Oke berikutnya ini juga ga kalah penting, Jangan pernah nyongok kalau misalkan kita melarang sesuatu yang tidak boleh. Tetep lakuin bujukan seperti yang gue tulis di atas.
  • Yang terakhir kasih dia pelukan ini juga cukup berhasil ketika negosiasi sama anak gue dan gue menang.. hihi. biasa nya gue peluk dia dan dia nggak terlihat sedih ketika permintaannya di tolak.

Menurut gue jangan sering sering ngelarang semua keinginan dia tapi ajak dia negosiasi supaya diapun bisa belajar, kadang yang gue liat dari anak itu dia cuma pengen nunjukin kalau dia itu bisa. Sekian semoga bermanfaat deh buat buibu muda kaya gue.