Tips agar terhindar terhindar dari penyakit liver

Menjaga liver tetep sehat bisa dengan cara vaksin, untuk infeksi virus liver Hepatitis A & B. Tapi menjaga pola hidup sehari hari juga tidak kalah penting supaya tetep bisa menjaga kesehatan liver kalian, Nah di article kali ini saya akan membahas gimana cara menjaga supaya menjaga hati tetep sehat.  Yuk, baca sampai selesai

Kalian suka minum alkohol? Nah sekarang batasi meminum minuman yang beralkohol karena hati kita dapat memproses sejumlah kecil alkohol setiap jam, di luar itu alkohol juga dapat merusak sel sel hati dan menyebabkan peradangan dan jaringan parut atau yang biasa di sebut sirosis.

Mulai dengan pola makan seimbang dan sehat. kurangi makanan berlemak dan perbanyak makan yang banyak serat karena tingginya kadar lemak dalam darah dan tingginya kadar kolesterol adalah penyebab umum penyakit hati. kurangi lemak jenuh dan lemak terhidrogasi. lemak jenuh di temukan dalam makan makanan yang di goreng, daging merah dan susu. lemak terhidrogasi biasa nya di temukan dalam makanan olahan. Hati menyimpan penumpukan lemak dan lemak yang berlebihan pada akhirnya bisa membawa pada penyakit hati.

Perbanyak makanan berserat tinggi seperti buah, sayur dan biji bijian. untuk protein pilih lebih banyak ikan daging putih, kacang kacangan dan kurangi daging merah.

Jangan lupa perhatikan berat badan kalian, khususnya obesitas perut atau sentral. itu faktor resiko utama untuk mengembangkan penyakit liver. Barengi dengan diet seimbang dan olahraga yang teratur karena berat badan yang sehat bisa di capai dan di pertahankan

Kalian juga bisa mendapatkan vaksinasi terhadap hepatitis A dan B, baik infeksi virus hati. Hepatitis A dikontrak dari makanan dan air yang terkontaminasi, hindari makanan laut atau kerang mentah atau makanan laut yang terkontaminasi. Hepatitis B dapat dikontrak melalui kontak seksual, darah dan jarum yang terkontaminasi. Jika kalian memilih untuk tidak divaksinasi terhadap hepatitis B, praktikkan seks yang lebih aman. Bicarakan dengan dokter keluarga tentang vaksinasi ini.

Hati-hati dengan obat tradisional dan obat-obatan
Beberapa obat tradisional atau obat tradisional yang dijual bebas mengandung logam berat atau racun yang tidak diketahui. Mereka dapat menghasilkan toksisitas hati atau mereka dapat stres dan mempengaruhi fungsi teratur liver kalian.

Suplementasi berlebihan obat tradisional dapat menyebabkan radang hati dan dapat menyebabkan kerusakan hati yang tidak dapat dipulihkan atau bahkan kegagalan. Silakan berkonsultasi dengan spesialis liver kalian sebelum konsumsi jika ragu.

Hati-hati terhadap pil penurun berat badan atau diet
Pil penurun berat badan tanpa resep yang tersedia tanpa resep mungkin mengandung racun dan bahan-bahan yang dapat membahayakan liver

  • ephedra
  • kombucha
  • pennyroyal
  • skullcap
  • cascara
  • chaparral
  • comfrey dan
  • kava.

Diet rendah biasanya membuat berat badan kalian naik turun secara cepat membuat stress berlebihan pada liver. hati hati dengan diet apa saja yang menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu yang cepat dan tidak masuk di akal. biasanya kalian akan kekurangan nutrisi penting dan tidak ada manfaatnya malah berbahaya buat liver kalian.

Berhati-hatilah dalam mengonsumsi pembersihan hati dan diet detoks. Berlawanan dengan kepercayaan populer, tidak ada diet khusus yang terbukti membersihkan hati. Silakan tanyakan dokter atau ahli diet kalian untuk membantu kalian membuat diet yang sehat.

Jagalah dan lindungi diri kalian dari Hepatitis B atau C
Hepatitis C tidak memiliki vaksin saat ini. Hepatitis C dapat ditularkan secara seksual atau jika ada kemungkinan kontak darah ke darah. Berlatih seks aman dan hindari berbagi sikat gigi, pisau cukur, jarum suntik dan barang perawatan pribadi lainnya yang tidak perlu karena ini juga dapat menularkan hepatitis B atau C.

Jika kalian berpenyakit hepatitis B atau C, konsultasikan dengan dokter untuk program skrining untuk mendeteksi masalah sejak dini. Jika orang tua kalian pengantar dan atau kalian tidak yakin, segerakan untuk test Hepatitis. Berhati-hatilah jika kalian menderita Diabetes, Hipertensi, atau Kolesterol Tinggi.

Diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi membentuk sindrom metabolik dengan obesitas, menimbulkan risiko besar untuk penyakit hati berlemak. Menjaga diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi di bawah kendali yang baik dengan diet, olahraga dan obat-obatan dapat membantu membatasi dan mencegah kerusakan hati. Harap tindak lanjut rutin dengan dokter.

Beberapa obat anti-kolesterol kadang-kadang dapat memiliki efek samping yang menyebabkan masalah hati. Beberapa obat dapat melukai hati kalian jika Anda minum alkohol ketika Anda meminumnya, atau jika Anda meminum banyak obat dalam kombinasi. Bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda tentang obat Anda jika ragu.

Kurangi kebiasaan merokok atau berhenti merokok, Ada beberapa penelitian yang menghubungkan merokok dengan perkembangan kanker hati. Merokok juga dapat meningkatkan efek racun yang beberapa obat seperti parasetamol ada pada liver.

Itu uraian dari saya semoga kalau sudah tau kalian bisa menjaga pola hidup yang sehat, supaya tetap memilki hidup yang sehat. semoga bermanfaat.

Mendatangi Monkey Forest Ubud bali

Bali-Ubud-Monkey-Forest-Sanctuary

Yup, mungkin dari namanya saja anda sudah tau ya Monkey Forest pasti anda akan melihat monyet monyet di dalam hutan. Nama asli objek wisata monkey forest adalah Mandala Wisata Wenara Wana, tapi lebih dikenal dengan nama Monkey Forest. Monkey forest terletak di daerah ubud Kabupaten Gianyar Bali, Monkey Forest merupakan kawasan hutan lindung dan menurut saya ini juga salah sat tempat wisata yang wajib anda kunjungin.

Ketika memasuki kawasan Monkey forest ini udara nya sangat sejuk karna banyak pepohonan yang menjulang tinggi, Banyak juga pedagang yang menjual pisang yang dapat kita beli pada saat menuju pintu masuk untuk di berikan monkey di dalam. Tidak perlu takut untuk mendatangi tempat ini karna di dalam ada petugas yang mengawasi monyet2 tersebut jadi kita aman.

Tidak hanya itu saja di dalam hutan juga terdapat Pura bernama Pura Dalem Agung padangtegal, walaupun saya sendiri tidak terlalu paham tapi sepertinya pura ini masih di pergunakan untuk ibadah umat hindu, Namun salah satu obyek menarik yang sering dijadikan tempat foto yaitu patung anak vampir yang cukup terkenal di pura ini.

Lokasi Monkey Forest Jika anda berangkat dari bandara Ngurah Rai langsung menuju Ubud monkey forest, di tempuh kurang lebih 1 jam 30menit, sekitar 36km. Dan biaya ticket masuknya sendiri untuk dewasa 50rb/org dan 40rb/org untuk anak anak.

Ada beberapa tips dari saya ketika anda memasuki kawasan Monkey Forest ini, Jangan lupa memasukan barang bawaan anda ke dalam tas supaya tidak menarik perhatian para monkey di dalam kepada kita, pegang dengan baik barang bawaan anda dan berjalanlah sesuai jalur yang sudah di tentukan.

Keindahan Danau Batur Bali

Danau batur bali

Danau batur bali yang memiliki kedalaman sekitar 65m yang berada tepat di lereng gunung yang berketinggian 1.050mdpl memiliki keindahan alam yang luar biasa menurut saya. Danau Batur dikelilingi oleh pegunungan dan pepohonan rindang itulah sebabnya tempat ini memberikan udara yang sangat sejuk. Oiya Danau ini juga danau terbesar yang ada di Bali lho.

Danau batur berbentuk seperti bulan sabit biasanya para wisatawan melihat Danau batur ini dari atas, banyak hotel dan restoran yang menyediakan dimana anda bisa menikmati pemandangan Danau Batur. Ansa juga bisa menikamati keindahan Danau Batur dengan mengelilingi Danau menggunakan perahu yang di sewakan juga oleh penduduk sekitar.

Katanya Danau ini terbentuk karna letusan gunung, dan masih aktif hingga sekarang. tapi tidak perlu kawatir untuk datang ke tempat ini karena keadaan Gunung masih dalam keadaan tenang. Selain tempat wisata ada tempat yang mungkin bisa anda kunjungi di sebelah barat Danau ada desa yang konon juga desa tertua di Bali Desa Trunyan, Desa ini di kenal dengan keunikannya dalam ritual pemakamannya.

Danau batur  ini berlokasi di daerah kintamani, jarak yang di tempuh jika anda berangkat dari denpasar anda akan menempuh perjalanan sekitar 1 sampai 2jam. Oiya Danau batur ini mempunyai suhu yang sangat dingin jadi bawalah jacket jika anda memang tidak kuat dengan udara dingin.

Untuk biaya masuk ke Danau Batur ini sendiri Hanya 15rb/org, Anda sudah bisa menikmati keindahan Danau Batur, Namun jika anda juga ingin menikmati pemandian air panas Anda perlu membayar ticket sekitar 60rb/org dan 30rb/anak2. Keindahan dan keasrian Danau Batur memiliki sisi yang tidak biasa, saya yakin ini perlu anda tulis di list untuk kunjungan anda berikutnya.

well, Danau batur tempat nya menurut saya emang bikin hati adem dan masih sangat sangat alam banget gimana jelasinnya yah. Suasana yang asri membuat kita betah disana, kalau saya sendiri sih lebih suka tempat yang masih bernuansa alam sehingga kita bisa lebih menyatu sama alam.

Pura Tirta Empul wisata religi

Sebelumnya saya mohon maaf kalau salah menyebutkan kalau Pura Tirta Empul adalah sebagai wisata religi, Saya sendiri baru sekali berkunjung kebetulan saya bukan umat hindu jadi tidak terlalu paham. kenapa saya sebut wisata religi karna saya melihat Pura terebut masih aktif di gunakan untuk bersembahyang oleh umat hindu dan kebetulan ketika saya datang banyak sekali orang sedang berdoa di salah satu Pura di sekitar situ karna ada beberapa Pura kalau saya tidak salah.

pura tirta empul bali

Entah kenapa memang ketika saya datang ke Bali saya merasa jatuh cinta dengan semua kebudayaan yang Bali miliki terlebih semua penduduk asli Bali masih menjungjung tinggi tradisi yang di anut oleh leluhurnya, Ketika saya berkunjung ke Pura tirta empul juga merasakan hal yang sama, saya merasa takjub. Iyah memang Pura tersebut hampir sama dengan Pura2 yang lain tapi keindahan pepohonan dan udara yang sejuk karna mungkin Pura ini berada di dataran tinggi.

Ketika masuk ke Pura wajib memakai kain yang di lilitkan dari pinggang sampai ke kaki disana sudah di sediakan ada petugas yang membantu menginkatkan kain sebelum masuk ke pura tersebut, Dan ada salah satu Pura di dalam terutama untuk perempuan ketika masuk kita wajib juga mengikat rambut merekapun menyedikan karet untuk mengikat rambut kita.

Pura tirta empul ini memiliki kolam ikan yang besar besar dan satu kolam yang bisa di gunakan untuk mandi ada beberapa air mengalir langsung yang sepertnya dari lereng gunung, kolam tersebut sangat ramai pada saat saya datang. tidak hanya umat hindu yang mandi di kolam suci ini tapi masyarakat luar juga ikut mensucikan dirinya di mata air suci ini tapi kebetulan kemarin saya tidak ikut mandi karna ramai sekali.

Biaya ticket masuk juga tidak mahal hanya 15rb dan biaya parkir mobil 5rb. Menuju arah keluar juga kita di suguhkan dengan pedagang pedagang yang menjual barang2 khas Bali anda juga bisa berbelanja disini untuk oleh oleh tentu saja harus pandai menawar karna ini seperti pasar. Mungkin tempat Pura Tirta Empul ini juga bisa jadi salah satu tempat yang bisa anda kunjungi ketika berlibur ke Bali, Wisata religi ini menurut saya sangat bagus untuk memperkenalkan Budya budaya nenek moyang kepada anak anak kita.

Buah pisang untuk kecantikan

Buah pisang memang sering kita temui di sekitar kita malah sangat mudah untuk kita dapatkan, Banyak orang menyukai buah pisang ini. Tapi kalian tau nggak buah pisang banyak sekali manfaat dan kegunaan nya untuk kecantikan terutama untuk para kaum hawa. Yuk, kita bahas apa aja manfaatnya dari si buah pisang yang enak ini.

  • Makan buah pisang 2 buah bisa menghilangkan rasa lapar karna buah pisang mengandung karbohidrat. Buah pisang ini memeiliki tekstur yang sangat lembut jadi tidak merusak gigi dan buah pisang ini mengenyangkan jadi passsss kalau buat para wanita yang mau kurangin berat badan alias DIET. Oiya karbohidrat di dalam pisang ini adalah karbohidrat kompleks yang tidak pengaruh sama kadar gula di dalam darah, So buah pisang ini termasuk aman di makan setiap harinya untuk ritual DIET kalian.
  • Nggak cuma bisa di makan, ternyata buah pisang juga bisa juga bisa menghilangkan jerawat. kalau kalian punya muka berjerawat dan sudah mencoba perawatan ini dan itu bisa juga di coba dengan perawatan alami menggunakan buah pisang ini. caranya gampang banget haluskan buah pisang yang matang terus oleskan pisang yang sudah di haluskan pada wajah seperti menggunakan masker wajah biasa diamkan beberapa saat lalu bilas. lakukan minimal seminggu 2x.
  • Buat kalian yang suka lulur pisang juga dapat di gunakan sebagai lulur alami di rumah, karna kulit pisang sangat baik untuk membersihkan kulit tanpa membuat kulit kita kering. Mereka memberikan manfaat seperti mengencangkan kulit dan mencegah penuaan dini. Caranya juga tidak sulit tumbuk pisang tambahkan gula pasir kalau ada minyak esensial boleh di tambahkan juga sekalian, gunakan seperti lulu biasa.
  • Buah pisang juga dapat mengontrol kulit berminyak, Pisang dapat bekerja sebagai exfoliator yang luar biasa dan menghilangkan sebum berlebih dari permukaan kulit kita. Selain itu mengandung kelembaban dan vitamin penting untuk memberikan kulit yang bercahaya. gunakan seperti masker caranya seperti yang sudah di tulis di atas hanya berikan campuran madu dan perasan jeruk lemon.

Nah itu tadi manfaat dari buah pisang, kalau bisa dengan cara yang alami kenapa harus memilih yang tidak alami? selamat mencoba buat para kaum wanita yang ingin selalu tampil cantik. semoga bermanfaat