“Ngabuburit” dulu yuk

Kalau orang sunda mah pasti tau apa itu ngabuburit yahhhhhhh, Nah kalau dari kamus Bahasa sunda “ngabuburit” ngalantung ngadagoan burit, burit artinya sore ngalantung kalau di bandung maen maen tapi kalau di kamus santai2 jadi intinya “Ngabuburit” maen maen sambil nunggu sore alias adzan mahgrib gtu mereun yakkkkkk. haha..

Lupakan arti “Ngabuburit” berbuhung bahasa sunda orang tua jaman dulu susyahhhhhh shaiiiiiii… Gak semua paham.

Kalian ngapain aja kalau “Ngabuburit”? Kalau masih sekolah gue masih suka sih “Ngabuburit”, tapi setelah kerja kayanya gak perlu “Ngabuburit” karna waktu juga abis di kerjaan kadang pulang bukan burit lagi tapi peuting alias malem. haha..

Kalau cerita masalah “Ngabuburit” kan yah pasti identik sama bulan puasa padahal ya gak ada kaitannya sama sekali, “Ngabuburit” itu tradisi orang sunda yang biasa di lakukan untuk menghabiskan waktu sore mau Ramadhan atau bukan. Tapi sekarang ya “Ngabuburit” sambil nuggu berbuka puasa tiba jadi identik banget sama bulan puasa.

Ngapain aja sih? Yah kalau waktu masih kecil dulu biasanya kita dapet buku dari sekolah yang harus di isi, biasanya “Ngabuburit” kita ikutin pesantren kilat gitu walau gak sore aja ada juga yang setelah adzan subuh (bukan ngabuburit nya tapi pesantren kilatnya).

Menjelang remaja biasa kalau orang sih nongkrong, kalau gue biasanya bantuin kaka gue masak nyiapin buat buka orang serumah. maklum bukan anak tongkrongan dulu.. hahaha.. kalau sekarang ya masak buat di rumah, sama ajaaaa yakkkk. Nah, kalau kalian?

Anyway apa aja sih bisa di lakukan sah sah aja gak ada yang salah dengan “Ngabuburit” tapi jangan lupain ibadahnya kalau lagi ibadah yahhhh.. πŸ™‚

“MUNGGAHAN” SEBUTAN ORANG SUNDA MENJELANG RAMADHAN

Kalian punya sebutan menjelang bulan ramadhan di kampung kalian? qlo iya Apa sebutan menjelang bulan Ramadhan di kampung kalian??? Karna saya orang Bandung di bandung biasa kita panggil “Munggahan” ada yang tau artinya apa “Munggahan”?????? Kalau orang sunda pasti tau…

Munggahan kalau dari Bahasa sunda artinya naik yang bisa di artikan naik ke bulan suci atau tinggi derajatnya. Munggahan di adakan bermaksud mengucapkan rasa sukur kita kepada yang maha kuasa, membersihkan diri dari hal buruk dan terhindar dari hal tidak Baik selama menjalankan ibadah puasa (Sumber wikipedia)

Munggahan, biasanya kapan di lakuin dan ngapain aja sih? Biasanya di lakuin sehari sebelum menjelang puasa, Ngapin aja? Sebenarnya gak ngapa2in dan gak wajib di lakuin tapi selama yang gue liat dari tradisi keluarga “Munggahan” lebih kepada silaturahmi.

Yah… pelaksanaan nya beda beda tapi tetep umumnya lebih kepada kebersaam keluarga di awal menjalani buan suci Ramadhan, ada yang liburan bareng ngunjungin tempat wisata, undang kerabat ke rumah, dll nah kalau gue paling kita biasa di rumah cuma makan bareng, saling bermaafan, berdoa dan ibadah bareng. Lebih kepada kebersamaanlah intinya..

Terus abis itu paling kita ziarah ke makam makam leluhur kaya kakek nenek atau sodara sodara yang memang sudah meninggal dan bersedekah kalau keluarga kita memang lagi rejeki.. udah deh gtu aja.. gue tetep ambil kesimpulan nya lebih kepada silaturahmi dan bisa ibadah bareng menjelang bulan bulan Ramadhan hari pertama.

Nah itu kalau gue biasanya “Munggahan” di rumah, kalau kalian ngapain? share cerita juga ya, katanya tiap kota atau province punta tradisi beda beda dan orang orang semangat banget buat menghadapi bulan puasa ini. semoga kalian juga yaaaa… Selamat berpuasa.

Persiapan menjelang bulan Ramadhan

Bulan depΓ₯n sudah memasuki bulan sya’ban itu berarti bagi umat muslim mereka akan menghadapi bulan Ramadhan dengan segera. Orang orang yang beragama Islam di seluruh dunia pasti tak sabar untuk menyambutnya. Bulan Ramadhan adalah bulan dimana umat muslim akan melakukan puasa selama 29-30 hari. Bagi kalian yang merayakannya, suasana religius akan sangat berbeda pada bulan Ramadhan ini.

So, sudah sepatutnya kita melakukan persiapan diri untuk menyambut kedatangan bulan Ramadhan, agar Ramadhan kali ini benar-benar memiliki nilai yang tinggi dan dapat mengantarkan kita menjadi orang yang lebih beriman.

Menjelang bulan Ramadhan Selain kita lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa kita juga perlu menyiapkan diri untuk menjelang bulan puasa supaya kita lebih siap menghadapi bulan puasa dan tidak terhalang apapun untuk ibadah.

nah berikut persiapan diri menjelang bulan Ramadhan…..

  • Biasanya kalau umat muslim ada yang di sebut puasa suunah kalian bisa lakukan puasa sunnah sebelum bulan Ramadhan datang, biasnya di lakukan pada bulan sya’ban supaya menjelang puasa kalian sudah membiasakan diri.
  • Hindari makanan yang berkadar gula tinggi pada saat kalian akan memulai berpuasa, tau kenapa? Makanan manis atau makanan yang berkadar gula tinggi bisa meningkatkan kadar gula yang tinggi dan merangsang rasa lapar dengan cepat.
  • Konsumsi lebih banyak cairan sebelum berpuasa, ini akan membantu sistem pencernaan dan proses detoksifikasi tubuh menjadi lebih baik jadi kalian akan merasa ringan saat berpuasa nanti
  • Perbaiki pola tidur kalian, jangan biasakan bergadang dan bangun siang karena ini akan menyulitkan kalian untuk bangun sahur. Sebaiknya tidur lebih awal dan coba untuk bangun lebih awal.
  • Konsultasi dokter, ini penting! Bagi kalian yang punya penyakit berat atau ibu hamil dan menyusui untuk meminta masukan dan saran terlebih bagi kalian yang harus meminum obat.
  • olahraga ringan, olahraga ngebantu sistem pertahanan tubuh terutama sistem limfatik untuk bekerja lebih baik dan membuat terhindar dari penyakit selama bulan ramadhan
  • Kurangi konsumsi kopi, rokok, soda dan lain yang sifatnya menimbulkan ketergantungan. puasa kita tidak boleh merokok dan dianjurkan untuk meninggalkan kafein. Jika kalian punya kebiasaan itu kurangi kebiasaan itu mulai dari sekarang dan kalian bisa melakukannya dengan perlahan.
  • Makan dengan porsi yang lebih kecil akan membantu untuk berpuasa. Hal ini akan membiasakan lambung untuk menerima asupan makanan yang sedikit dan lambung dapat dengan mudah beradaptasi dengan puasa nantinya.
  • Aturlah agenda puasa dan pelajari makanan apa yang baik di konsumsi saat sahur atau berbuka puasa. Hal ini akan memudahkan untuk mempersiapkan menu makanan sehat selama berpuasa.
  • Terakhir ada baiknya sebelum ramadhan kita juga mempersiapkan sejumlah uang yang nanti akan kita gunakan untuk bersedekah di bulan ramadhan dan untuk keperluan kita lainnya yang bermanfaat.

Nah itu dia, semoga bermanfaat.. Dan bagi kalian seluruh umat muslim di dunia. Selamat menunaikan Ibadan puasa semoga bisa beribadah dengan lancar… πŸ™‚

Baso Aci Makanan khas Garut

Setelah cireng yang beberapa tahun lalu booming banget, sekarang “baso Aci” dan masih dengan bahan dasar yang kurang lebih sama dengan cireng. Makanan ini sebenernya udah dari saya kecil juga ada tapi baru booming ke kota lain 2thn belakangan ini.

Baso Aci terbuat dari Sagu dan terigu, Biasanya kalau di bandung ada yang di isi dengen jando atau kaya semacam lemak sapi gitu. Nah, buat pelengkapnya pake Tahu, siomay dan Kacang pilus plus jeruk nipis.

Rasanya? uh jangan di tanya, apalagi kalau hujan seger banget gurih kenyal kenyal gitu tambahin pelengkap cabe bubuk kering,minyak bawang dan bawang putih. maknyusssss…

ini dia penampakan “baso Aci” yang lagi hits bangettttttt….ο»Ώ

liat gambar nya udah ngiler banget kan? dan sekarang kalau kalian mau nyantap “Baso Aci” gak perlu jauh2 harus ke Garut atau ke Bandung sekarang udah banyak banget yang jual kemasan dan bisa dikirim ke seluruh indonesia dan aman gak pake bahan pengawet karna produksi Biasanya seminggu sekali dan “Baso Aci” cuma tahan selama seminggu aja suhu ruangan dan freezer 2minggu.

Mau cobaaaaaa?????? boleh order sama admin juga ya.. kita ada “baso Aci” biasa sama “baso Aci” tulang lunak. Iklan di blog sediri gpp yakkk.. haha.. boleh contact email atau di Whatsapp 081917774520

Ayam cincang asparagus || resep makanan rumahan

Hai… apa kabar semua? semoga semua lagi dalam keadaan sehat ya.. amin πŸ™‚

So, tadi gue lagi duduk aja abis sarapan pagi sambil ngobrol dan mainin laptop tiba tiba kepikiran gue kan pengen bikin chanel youtube “masakan” dan kebetulan gue gak lagi ngapa2in dadakan pake hp langsung edit dan jadi dalam beberapa jam aja. πŸ˜€ gue jadi cerita.. haha.. gue gak kepikiran buat nulis juga tapi pas liat foto dan video nya tangan gue gatel pengen nulis.. hehe.

Nanti gue bakal upload video nya juga dibawah ya, semoga kalian suka dan jangan lupa bantu like dan suscribe nya πŸ˜€

Ok langsung aja ini dia yang gue buat tadi….

Ayam Cincang Asparagus

-Bahan utamanya:

  • ayam cincang
  • asparagus

-Bumbunya

  • Bawang putih
  • Jahe
  • bawang bombay
  • cabe merah keriting
  • garam
  • merica
  • kaldu jamur

Cara buat Ayam cincang asparagus bisa tonton langsung di video nya ya…. di jamin gampang banget! Dan selamat mencoba…. kalau suka jangan lupa like and suscribe ya and share juga… thank u so much…