Hunting sekolah buat anak || Hooray kids || Preshcool

Memasuki usia anak yang mau 3tahun gue mulai cari cari info preschool buat dia di daerah bali. Disamping anak gue yang udah mulai pinter banget, Supaya kepinteran nya itu lebih terarah gue mutusin buat sekolahin dia lebih cepet. Gak lebih cepet juga sih, karena jaman sekarang aturan sekolah nya sudah berbeda sama dulu. Katanya sebelum mengikuti sekolah dasar anak wajib mengikuti Taman kanak kanak terlebih dahulu.

hooraykids-preschool-hooraykids-preschool

Ada satu sekolah yang membuat gue cukup tertarik, Sekolah ini ada jalan Marlboro bypass Mahendradatta namanya Hooray kids. Selain deket sekolah ini juga menurut yang gue baca sekolah ini lumayan cukup bagus, dan berbasic English. Pengen banget sih nyekolahin Alulla disana. *Think

Gue belum hunting langsung ke tempatnya, Tapi gue sempet baca baca website buibu yang ngebahas tentang preshool. Gue lumayan tertarik sih bahkan semakin ingin nyekolahin anak gue setelah ngebaca semua perkembangan anak yang jauh lebih baik setelah mengikuti sekolah. Tapi!…………. Gue langsung shock bro ketika ngeder biaya nya. Bener bener keringet dingin.

Ada beberapa biaya yang mesti kita bayarkan kira kira total keselurahan nya hampir 10jt. Pertama biaya administrasi, terus biaya gedung yang harus bayar tip 6bln sekali, terus biaya bulanan nutuk kelas kalau gak salah 3x seminggu. Aw! Amazing bukan? Gue inget waktu gue SD gue cuma bayar 6rb/bln, sementara ini untuk preschool aja iurannya ampir ngabisin gaji gue sebulan. hahaha.

Mungkin gue bakal hunting ke beberapa sekolah yang lain dulu kali yah, Sebelum langsung masukin anak ke Hooray kids (walaupun gue udah suka banget). Di samping harga nya yang lumayan mahal banget, gue nyari nyari dulu deh siapa tau ada yang lebih bagus dan harga nya gak se wow ituuuu.. 🙂

 

Bagaimana mengatasi Anak yang makanannya di Emut?

Bmengatasiagaimana mengatasi anak makan yang di emut atau ada yang pernah alami seperti anak saya yang setiap kali makan selalu di emut? Saya pernah jelaskan di blog saya sebelumnya ketika anak saya sulit sekali untuk makan dan saya cukup berhasil mengembalikan nafsu makannya tanpa memberikan suplemen apapun kepada anak (baca disni). Anak saya sebenernya sudah tidak bermaslah dengan makananya tapi masih suka di emut (kadang kadang) kalau makan. Saya baca dari beberapa sumber dan cara cara yang mereka sarankan saya lakukan kepada anak saya ada yang beberapa berhasil ada yang tidak. Nah, seperti biasa karna ini rada berhasil  saya akan sharing sama para ibu ibu yang anaknya juga mengalami hal yang sama seperti anak saya.

Sebelum makan

  • Kalau anak biasa makan cemilan sebelum makan seperti anak saya yang suka banget nyemil setiap saat, coba di batasin atau cemilannya di bagi jadi 2 bagian jadi tidak terlalu kenyang pada saat jam makan. Lihat apakah ini membuat perbedaan atau tidak kalau memang masalahnya ada disni.

Jangan terburu buru

  • biasanya Ibu kurang sabar makanan masih penuh di mulut udah di suapin lagi atau memang waktu menyuapi memang sedikit karna si ibu tidak ada waktu lagi. Anak anak merasa terpaksa jadi meyebabkan makanan nya di emut. berikan sedikit waktu supaya anak bisa menikmati makanannya.

Berikan contoh

  • Mom, biasanya anak selalu mengikuti apapun yang kita lakukan begitu juga dengan cara makan. Semenjak Anak susah makan jadi saya membiaskan diri untuk makan bersama sembari menyuapi atau dia makan di piring sendiri, Contohkan kepada mereka bagaimana anda memasukan makanan ke dalam mulut dan mengunyah menggerak gerakan mulut sampe menelannya. cara ini cukup berhasil untuk mengatasi makan anak yang sulit

Ajak mengobrol dan berikan pujian

  • yang ini memang agak sulit ya mom karna ini nanti jatuhnya sama perilaku yang kurang baik karna kita pasti mengajarkan anak tidak berbicara pada saat makan, tapi saya melakukannya ketika makanan pas masuk kedalam mulutnya supaya di awal dia sudah mengunyah dan dia akan melakukan selanjutnya dan jangan lupa berikan pujian setelah dia menelan makanannya.

Cek gigi

  • Ketika Anak mengemut makanannya kita jangan lupa juga mengecek keadaan giginya siapa tau ada gigi yang sedang tumbuh dan anak tidak memberitauankannya kepada kita. Mungkin saja dia merasa kesakitan saat makanan masuk dan mengenai gusinya

Cegah infeksi mulut

  • Rajinnlah merawat kesehatan mulut dan gigi anak, ajarkan anak menggosok gigi untuk menjaga kesehatan mulutnya dari infeksi mulut

Dampak jangka panjang masalah ini kalau kita tidak menjaga nya bisa membuat si anak kekurangan gizi, Tapi tidak perlu terlalu kawatir kalau kita memang merawat dan menjaga anak kita dengan baik. 🙂

 

Cara terbaik mendidik anak supaya disiplin

Mendidik anak memiliki rasa disiplin mereka dapat menahan godaan yang tidak sehat dan bekerja keras bahkan ketika mereka tidak ingin melakukannya. Tujuan utama dari disiplin seharusnya bagi anak untuk belajar ketika anak Anda membuat pilihan yang baik ketika Anda tidak di ada di rumah. disiplin adalah kunci supaya anak bisa menjadi orang dewasa yang mempunyai rasa tanggung jawab.

  • Terapkan Konsekuensi

Konsekuensi  dapat mengajarkan pelajaran terbesar dalam hidup, perlu diingat bahwa dia perlu belajar bagaimana mendidik membuat keputusan yang benar, dengan mengetahui segala konsekuensi dari apa yang mereka lakukan. tetapi biasanya anak anak membutuhkan konsekuensi logis misalnya anak susah bangun pagi mungkin butuh tidur lebih awal di malam hari supaya tidak terlambat bangun atau dia akan kena marah gurunya ketika dia tidak mengerjakan PR. Tugas kita adalah jelaskan konsekuensi hal yang paling buruk ketika dia mengambil keputusan yang tidak baik kemudian beri dia pilihan.

  • Jelaskan alasan di balik aturan anda

Ini membantu anak anak untuk memahami alasan yang mendasari aturan anda, tetapi jangan memulai penjelasan panjang atau ceramah yang akan membuat anak malah merasa bosan atau mungkin malah tidak di mengerti. Berikan penjelasan secara singkat tentang mengapa anda berpikir pilihan tertentu, itu mungkin dapat membantu anda anda memahami pilihannya dengan baik.

  • Berikan jadwal

Buat jadwal kegiatan yang sama setiap hari misalnya bangun pagi, membereskan tempat tidur, mandi lalu sarapan pagi. Buat kegiatan setelah sekolah yang mengajarkan anak bagaimana mengatur waktunya antara tugas sekolah,pekerjaan rumah dan kegiatan bemain mereka. Jaga kegiatan sederhana dengan latihan setiap harinya dia harus belajar menerapkan setiap kegiatan yang akan dia lakukan.

  • Ajarkan memecahkan masalah

Ajarkan mereka memecahkan masalah dan bekerja samalah untuk memecahkan masalah masalah spesifik yang berkaitan dengan kedisiplinan diri, bertanyalah kepada anak kira kira apa yang menurut mereka akan bisa membantu menjadi sebuah pengalaman membuka matanya yang dapat mengarah kepada solusi kreatif. teruslah mencoba berbagai solusi sampai anda menemukan sesuatu yang berhasil sambil membuat anak terlibat dalam proses itu.

  • Berikan reward

Ketika mereka mulai disiplin berikan lah hadiah kecil untuk mereka, tapi berikan sistem hadiah jangka pendek dimana mereka mulai melakukan kedisiplinan, perlu di ingat banyak hadian yang tidak perlu mengeluarkan uang misalnya memberikan waktu menonton tv sedikit extra atau melonggarkan waktu bermain untuk memotivasi anak agar menjadi lebih bertanggung jawab.

Anak anak belajar paling banyak sebetulnya karena melihat bagaimana kita. Jika anda memilih untuk shopping ke mall dari pada membersihkan rumah, dia akan memperhatikan kebiasaan anda. Jadikan lah diri sebagai prioritas terbaik untuk mencontohkan kedisiplinan kepada anak.

 

Bintik merah yang biasa terjadi pada anak

400x400_SLIDE_3_Skin_Allergies_in_Children

Ada banyak alasan mengapa kulit anak anak bisa menjadi merah atau bahkan bersisik. Ruam atau bintik merah di kulit pada umumnya wajar bagi banyak orang tua untuk khawatir tetang ruam atau keluhan kulit yang tiba2 pada bayi, sementara kita sudah membaca cerita tentang meningitis tapi dalam banyak kasus itu tidak terlalu membuat panik. ada

Berikut adalah uraian dari saya tentang ruam pada anak kecil dan mungkin bisa mencari solusi untuk tindakan medis

  • Biang keringat

Ruam ini, tidak berbahaya tetapi sangat gatal dan dapat mempengaruhi area tubuh yang lain. Ini disebabkan oleh penyumbatan dan peradangan saluran keringat selama masa paparan panas dan kelembaban tinggi dan sangat umum pada anak-anak.

Biasanya muncul jerawat kecil berwarna merah, benjolan, atau bintik bintik. penyakit ini tidak menular. cara pengobatan nya jangan berada di ruangan yang panas karna mengakibatkan mereka merasa tidak nyaman atau gatal, oleskan lotion atau salep.

  •  Eksim

Juga disebut dermatitis atopik, adalah kondisi kulit inflamasi dan non-infeksi yang sangat umum.

Ketika ruam ini ringan, terlihat seperti bercak pipih, kering, dan putih. Selama itu muncul merah, iritasi. penyakit ini juga tidak menular. Bentuk perawatan yang paling populer adalah menerapkan kortikosteroid topikal yang membantu mengurangi peradangan dan gatal. Kebanyakan kortikosteroid topikal tersedia dengan resep. Namun, beberapa kekuatan yang lebih ringan tersedia di apotik anda bisa menanyakan nya dengan petugas apoteker.

  • Impetigo

Infeksi bakteri di kulit yang dapat terjadi di mana saja, tetapi paling umum di sekitar mulut dan hidung.Merah, tonjolan atau tambalan yang menjadi lepuhan yang pecah dan menghasilkan kerak berwarna madu di permukaan.

Penyakit ini tidak menular dan Impetigo dapat diobati dengan salep antibiotik resep dari dokter atau krim, pakai dengan rutin sampai sampai luka benar-benar sembuh.

  • Ruam virus yang umum

Setiap virus dapat memberi ruam pada anak-anak tetapi yang kita semua tahu termasuk cacar air, campak, rubella,  demam berdarah dan roseola.

Ruam-ruam virus ini dapat memiliki banyak tampilan yang berbeda, seperti melepuh, timbul atau datar, benjolan, bintik-bintik, atau bercak-bercak, dan mereka sering (tetapi tidak selalu)

Sebagian besar virus ini sangat menular dan anak Anda harus dikarantina jika Anda mencurigai salah satunya. Cara mengobatinya, Sebagian besar tidak memerlukan obat tetapi semuanya dapat memiliki komplikasi. Dalam kasus cacar air, Anda akan ingin menerapkan beberapa cream atau menempatkan anak Anda dalam mandi Pinetarsol karena lecet sangat gatal. Banyak virus sering disertai oleh demam yang dapat diobati dengan parasetamol.

  • Dermatitis 

Ini adalah ruam yang disebabkan oleh reaksi kulit terhadap alergen. Biasanya berkembang dua hari atau lebih setelah kontak dengan alergen. Ini berlangsung selama kontak berlanjut dan untuk waktu yang singkat sesudahnya (biasanya 1 hingga 2 minggu). Penyebab umum termasuk nikel, bahan kimia, tanaman, kosmetik, parfum dan salep.

Ini adalah ruam yang gatal dan gatal yang terlokalisasi di area yang bersentuhan dengan pemicu alergi. tidak menular, Pengobatan nya cari tahu apa yang menyebabkan reaksi dan jauhkan dari itu. Perawatan yang paling umum untuk dermatitis kontak alergi adalah siapkan salep kulit..

  • alergi makanan / obat

Ruam dapat pecah karena reaksi alergi terhadap makanan dan obat-obatan.

Ini bisa lebih seperti gatal-gatal, terutama dengan alergi makanan yang cenderung muncul segera setelah makan. Ruam dari alergi obat bisa lebih lama muncul dan bisa menjadi ruam yang parah atau ringan. Setiap reaksi harus dilaporkan kepada dokter Anda.

Tentu saja tidak menular, Pengobatannya reaksi alergi apa pun, baik dari makanan atau obat-obatan, harus dilaporkan kepada dokter karena dapat menjadi lebih parah.

Ruam yang serius
Sangat jarang ruam bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius seperti meningitis, penyakit fatal yang berpotensi di mana selaput dan cairan yang mengelilingi otak

Masalah yang harus anda waspadai kepada bayi baru lahir

Bayi memiliki sistem kekebalan yang masih berkembang. Jadi jangan menganggap sepele ya penyakit ringan pun bisa menyebabkan komplikasi serius. Itu kenapa penting banget untuk paham yang bisa saja salah dengan sikecil di awal awal kelahirannya. Bayi sangat kecil dan tidak berdaya jadi wajar kalau memiliki rasa kuatir.

171103113906-newborn-belly-button-stock-super-tease

 

Masalah Bayi baru lahir yang umum terjadi ketika datang ke masalah kesehatan, tahap yang baru lahir adalah yang paling penting. Berikut adalah beberapa kondisi kesehatan yang cukup umum pada bayi baru lahir

Sebagian besar bayi baru lahir memiliki perut yang menonjol. Sembilan dari 10, memang hanya terjadi kembung atau sembelit biasa saja, tapi kadang kadang perut bengkak dapat menunjukkan kondisi awal yang serius

Sangat normal bagi bayi untuk memiliki tangan dan kaki biru, tapi ini mungkin tidak menjadi masalah. Dalam beberapa masalah, bayi yang baru lahir juga dapat mengembangkan kebiruan di sekitar mulut dan lidah mereka ketika menangis. Tapi kebiruan itu hilang seiring berjalannya waktu. Tetapi jika bayi Anda tidak mendapatkan kulit merah mudanya kembali, segera datangi dokter untuk melakukan pemeriksaan.

Batuk juga hal yang sangat normal pada bayi, bisa saja terjadi batuk pada saat menyusui karena terlalu cepat tapi harus di waspadai ketika bayi mengalami batuk yg berkepanjangan dan sering muntah pada saat menyusu. segera hubungi dokter mungkin ini bisa menunjukan ada maslah dengan pencernaan dan paru paru nya.

Masalah ini adalah maslah yang paling umum ketika bayi baru lahir, bayi meiliki kadar bilirubin tinggi saat lahir karena hati mereka masih belum terlalu matang. sebagian bayi hanya datang beberapa waktu tapi itu juga bisa menyebabkan serius.

Dibutuhkan bayi yang baru lahir beberapa jam untuk bernafas normal. Tapi begitu tubuhnya belajar bernapas, dia seharusnya tidak mengalami kesulitan lagi. Masalah pernapasan pada bayi terjadi karena banyak masalah. Tetapi jika Anda memperhatikan gejala-gejala seperti Bernapas dengan cepat,  Mendengus saat bernapas Warna kulit biru yang tidak memudar. Segera hubungi dokter

Muntah adalah masalah kesehatan yang umum di antara bayi. normal bagi bayi untuk memuntahkan susu setelah makan. Tetapi sering muntah tidak normal. Untuk mencegah sering muntah dan muntah, pastikan bayi Anda tidak laktosa intoleran atau alergi terhadap ASI. Juga perhatikan warna. Jika muntah bayi Anda terlihat hijau, bicaralah dengan dokter tentang kemungkinan infeksi dan pilihan pengobatan

Demam bukan masalah. Demam hanyalah indikator bahwa tubuh bayi Anda melawan infeksi. Bahkan Deman ringan tidak memerlukan tindakan medis. Tetapi jika Anda sedang demam tinggi, biarkan dokter memeriksanya. Demam tinggi dapat menjadi menyebabkan kejang.

Infeksi telinga juga sangat umum. Jika bayi Anda menarik telinga dan lebih keras dari biasanya, ia mungkin mengalami infeksi telinga. Infeksi virus menghilang begitu mereka menjalankan programnya, tetapi infeksi bakteri mungkin memerlukan dosis antibiotik.

Diare juga umum terjadi pada bayi. Selama Anda menjaga bayi Anda terhidrasi Anda tidak perlu khawatir akan diare.

Masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi bayi bisa saja datang terus, Tapi jangan kawatir si kecil akan melewati fase yang rentan ini segera. 🙂