Pengurusan Visa Australia online

Posted on

Kemaren padahal Udah ngblog tentang ini tapi entah kenapa hilang 🙁 ah sudahlahhh saya coba urai lagi. Okeh lagsung ke topik, setelah penolakan visa Australia kemaren akhirnya gue nekad buat mengajukan visa australia lagi. Tapi bedanya ini lewat ImmiAccount, di lakukan secara online jadi gak perlu bolak balik VFS.

Sebelum Gue melakukan Permohonan Visa Australia yang kedua Gue pelajari smua document2 sebelumnya, Sampe gak tidur, muka pucet mau pingsan saking stress nya karna ticket udah di beli. Kenapa Gue bisa di tolak padahal menurut gue smua data sudah lengkap! Menghindari supaya tidak ada penolakan berikutnya. Perlu di ingat Permohonan Visa Australia tidak ada interview jadi kita benar2 harus menjelaskan semua nya melalui document yang kita berikan.

Sama seperti document sebelumnya bisa di baca (Disini) cuma Gue tambahin document2 pendukung seperti :

  • Cover letter (isinya menyatakan pekerjaan di Indonesia, hubungan status anda dengan Indonesia, penghasilan dan apa tujuan datang ke Australia)
  • SIUP (Dari kantor)
  • TDP (Dari kantor)
  • Slip gaji
  • Surat pajak tahunan (SPT)
  • Tagihan kartu kredit 3bulan terakhir

Setelah semua document smua siap, gue langsung login ksni:

https://online.immi.gov.au/lusc/login

kaya gini penampakannya, terus klik create ImmiAccount seperti yang gue tandain di atas. Abis itu nanti di minta isi familly name (isi nama terakhir), Given name (nama depan dan tengah kalau ada), phone number dan alamat email terus klik continue. Setelah itu selesai ada 3 Security Question, dan Declaration lalu klik Submit. Kita akan menerima Email: Confirm your ImmiAccount email address, untuk verify account kita. Jika selesai, kita bisa langsung untuk login.

Ini step step nya

  1. login ImmiAccount. Oiya perhatikan dulu planned System Maintenance yang ada di Login page. Setelah masuk juga ada Current systems issues, dimana ditampilkan Issue-Issue yang ada saat ini, jadi kalau pas apply ada masalah coba dibaca lagi, mungkin lagi dalam proses perbaikan.
  2. Submit new application. Selanjutnya Lalu nanti akan ada pilihan tipe Visa yang ingin kita Apply. Karna gue tourist visitor gue pilih Tourist Stream. Ada total 20 Page yang harus gue isi, Jika sudah dibaca Terms & Conditions, dan Privacy Statement, kita tick I have read and agree to the terms and condition. Lalu Next.
  3. Attach File Supporting Documents. Dokumen yang required maupun yang di rekomendasikan untuk di submit udah langsung tersedia otomatis disana. Gampang banget karena cukup scan document, dan upload (gue kemaren pake aplikasi scan dari handphone). kalau kita mau nambahin file selain dari yang tertera di List, juga bisa, tinggal kita select categorynya apa, terus pilih others.
  4. Payment. kalau udah selesai semua step step di atas terus gue ke pembayaran, lagi lagi gue lupa dengan pembayarannya. kalau gue gak salah ada 2 tipe pembayaran, pake Credit card dan paypal deh. biayanya total $ 141.85 sama tax. kalau udah selesai nanti bakal dapet lagi konfirmasi pembayaran ke email, dan status applikasi jadi submitted.
  5. Setelah itu menjadi recieved berarti aplikasi kita sudah di terima

kalian bisa menambahkan document2 selama proses aplikasi jika di rasa masih ada document yang kurang lengkap, atau teliti dulu sebelum submit dan aplikasi bisa di simpan terlebih dahulu sebelum melakukan submit

Kurang lebih 6hari gue dapetin visa grant notice ke email gue, dan yang gak gue sangka sangka gue langsung dapet multiple visa 3 tahun. buat gue gak ada pengorbanan yang sia sia.. hahahaha… *lebay* tapi gue serius inihhh sampe gak tidur pelajarin dari mulai kelengkapan document cari tau letak kesalahan dan step step di atas yang gue ikutin. akhirnyaaaaaaaa… Aussieeee i’m coming 😀

img_4509-1-816324581-1535127232931.jpg
ini penampakan visa grant notice nya 🙂

 

PS : Jangan putus asa jika ada teman teman yang pernah Visa nya di tolak, saran saya pelajari dulu document yang sebelumnya pernah di tolak. Cari tau dimana letak kesalahan documentnya supaya bisa menambahan kekurangan document untuk permohonan selanjutnya. 🙂

Leave a Reply