Pengalaman apply visa Australia tanpa Agent

Posted on

Hayyyyyy……. Udah lama banget gak ngblog karena gak sempet dan tiap kali mau ngblog lupa terus padahal udah nulis setengah abis itu tidur. Ok dari pada kebanyakan basa basi gue mau langsung ke topic seperti yang ada di judul gue mau sharing pengalaman gue tentang apply visa ke Australia sendiri alias tanpa Agent.

Gue berencana buat pergi ke Australi di bulan Agustus, jadi Gue apply di bulan Juni tepatnya 2bulan sebelum keberangkatan biar gak mepet banget sama waktu keberangkatan dan nyiapin document nya biar bisa rada nyantai.

Berhubung Gue awam banget sama negara ini jadi gue baca2 pengalaman blog2 orang untuk segala persiapannya dan katanya urus sendiri juga Sama aja sih yang beda kita gak pergi ke VFS (“Visa Facilitation Services”) tapi kan tetep datang ke Agent ๐Ÿ˜‘ FYI: pake Agent juga harga cuma selisih sedikit banget kalau yang Gue baca2 itu cuma beda 200rb.

Well, kenapa Gue pilih urus sendiri? dengan banyak pertimbangan dan pengen punya pengalaman aja urus visa sendiri. Btw Vfs juga sebenarnya tetap perantara seperti Agent karena yang mengeluarkan visa tetap kedutaan nya bukan dari vfs dan vfs tidak bertanggung jawab atas hasil visa yang kita terima nantinya.

Vfs adalah pihak yang diberikan otoritas oleh kedutaan di Jakarta untuk meberikan informasi mengenai prosedur dan persyaratan untuk Visa kepada calon pemohon dan untuk menerima aplikasi visa, jadi mungkin seperti Agent resmi gtu kali yaaaa.. (karena katanya kedutaan Udah gak terima urus mengurus visa) Oiya Vfs juga tidak hanya mengurus visa australi aja tapi Ada beberapa negara gue lupa apa aja ntr Gue update lagi ya (kalau gak lupa) ๐Ÿ˜‚

Ok lanjut!… sebenrnya urus visa ke Australia gak jauh beda sama urus visa ke korea dan Jepang tentang document2 yang kita harus siapin, Nah kemaren Gue siapin ini smua…

    Pasport (minimal masa berlaku 6bln)
    ID card (KTP)
    Npwp
    Kartu keluarga
    Akta lahir
    Rekening koran 3bln terakhr
    Surat keterangan dari bank (bisa tanya ke cs)
    Surat keterangan kerja (pake bahasa inggris)
    Slip gaji
    Booking ticket pp
    Surat undangan
    Pasport pengundang
    SIM pengundang
    Rekening koran pengundang
  • Banyak yah?! Ya lumayan. Haha.. ga sampai dsni setelah gue siapin smua document, jadi Gue harus bikin appointment dulu secara online di website resmi Vfs nya (optional sih katanya) tapi kalau datang langsung kita kena biaya tambahan sekitar 115rb qlo Gue gak salah.
  • Masuk ke account resmi vfs abis itu kita daftar, masukan data kita kaya nama,email, password etc kaya biasa kalian bikin account medsos buat alayyyyy.. hahaha.. abis itu kita terima email confirmation dan confirmasi terus tinggal bikin jadwal pertemuan deh.
  • Gue dapet jadwal tanggal 10 juni Jam 10 pagi, gue dateng dan begitu dateng lumayan ketat juga sih semprotan muka gue aja mesti di simpen di loker ๐Ÿคฆ๐Ÿปโ€โ™€๏ธ dan Gue di minta reference number yang kita dapet di email pas bikin jadwal online tapi orang2 nya ramah banget, di Cek smua document Gue dan lengkap. Dan Gue di suruh bayar sekitar 1,8jt lebih dikit deh (bukti pembayarannya ilang) Oiya gak bs pake debut harus cash karena mesin nya rusak katanya..
  • Abis itu gue di suruh nunggu 15 sampe 40hr kerja untuk hasil nya dan akan dikirim ke email.. “lumayan lama dan Gue galau selama nunggu hasil visanya” Hahaha.. abis itu gue pulang dahhhhhhhh dan hasilnyaaaaaaaa setelah Gue nunggu 2mggu keluar……………….. akan Gue bahas di part II yaaaaaaaa.. ๐Ÿ™‚
  • 6 thoughts on “Pengalaman apply visa Australia tanpa Agent

    1. Lama tak lihat postingan mu kangen juga mbak ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

      Asyik jalan jalan bareng aja yuk ke Australia nya. Aku jg mau ke Australia ๐Ÿ˜‹

    2. Kasih Sayang Kedua Orang Tua Kamu Yang Melahirkan Kamu Yg Harus Kamu Hargai.. Dan Bukan Yesus Yah..?! ๐Ÿ˜€ Yesus atau isa Al Maseh itu Adalah Cerita Dongengan Orang2 Tua dari Timor Tengah..?!?

    Leave a Reply