Tips agar terhindar terhindar dari penyakit liver

Posted on

Menjaga liver tetep sehat bisa dengan cara vaksin, untuk infeksi virus liver Hepatitis A & B. Tapi menjaga pola hidup sehari hari juga tidak kalah penting supaya tetep bisa menjaga kesehatan liver kalian, Nah di article kali ini saya akan membahas gimana cara menjaga supaya menjaga hati tetep sehat.  Yuk, baca sampai selesai

Kalian suka minum alkohol? Nah sekarang batasi meminum minuman yang beralkohol karena hati kita dapat memproses sejumlah kecil alkohol setiap jam, di luar itu alkohol juga dapat merusak sel sel hati dan menyebabkan peradangan dan jaringan parut atau yang biasa di sebut sirosis.

Mulai dengan pola makan seimbang dan sehat. kurangi makanan berlemak dan perbanyak makan yang banyak serat karena tingginya kadar lemak dalam darah dan tingginya kadar kolesterol adalah penyebab umum penyakit hati. kurangi lemak jenuh dan lemak terhidrogasi. lemak jenuh di temukan dalam makan makanan yang di goreng, daging merah dan susu. lemak terhidrogasi biasa nya di temukan dalam makanan olahan. Hati menyimpan penumpukan lemak dan lemak yang berlebihan pada akhirnya bisa membawa pada penyakit hati.

Perbanyak makanan berserat tinggi seperti buah, sayur dan biji bijian. untuk protein pilih lebih banyak ikan daging putih, kacang kacangan dan kurangi daging merah.

Jangan lupa perhatikan berat badan kalian, khususnya obesitas perut atau sentral. itu faktor resiko utama untuk mengembangkan penyakit liver. Barengi dengan diet seimbang dan olahraga yang teratur karena berat badan yang sehat bisa di capai dan di pertahankan

Kalian juga bisa mendapatkan vaksinasi terhadap hepatitis A dan B, baik infeksi virus hati. Hepatitis A dikontrak dari makanan dan air yang terkontaminasi, hindari makanan laut atau kerang mentah atau makanan laut yang terkontaminasi. Hepatitis B dapat dikontrak melalui kontak seksual, darah dan jarum yang terkontaminasi. Jika kalian memilih untuk tidak divaksinasi terhadap hepatitis B, praktikkan seks yang lebih aman. Bicarakan dengan dokter keluarga tentang vaksinasi ini.

Hati-hati dengan obat tradisional dan obat-obatan
Beberapa obat tradisional atau obat tradisional yang dijual bebas mengandung logam berat atau racun yang tidak diketahui. Mereka dapat menghasilkan toksisitas hati atau mereka dapat stres dan mempengaruhi fungsi teratur liver kalian.

Suplementasi berlebihan obat tradisional dapat menyebabkan radang hati dan dapat menyebabkan kerusakan hati yang tidak dapat dipulihkan atau bahkan kegagalan. Silakan berkonsultasi dengan spesialis liver kalian sebelum konsumsi jika ragu.

Hati-hati terhadap pil penurun berat badan atau diet
Pil penurun berat badan tanpa resep yang tersedia tanpa resep mungkin mengandung racun dan bahan-bahan yang dapat membahayakan liver

  • ephedra
  • kombucha
  • pennyroyal
  • skullcap
  • cascara
  • chaparral
  • comfrey dan
  • kava.

Diet rendah biasanya membuat berat badan kalian naik turun secara cepat membuat stress berlebihan pada liver. hati hati dengan diet apa saja yang menjanjikan penurunan berat badan dalam waktu yang cepat dan tidak masuk di akal. biasanya kalian akan kekurangan nutrisi penting dan tidak ada manfaatnya malah berbahaya buat liver kalian.

Berhati-hatilah dalam mengonsumsi pembersihan hati dan diet detoks. Berlawanan dengan kepercayaan populer, tidak ada diet khusus yang terbukti membersihkan hati. Silakan tanyakan dokter atau ahli diet kalian untuk membantu kalian membuat diet yang sehat.

Jagalah dan lindungi diri kalian dari Hepatitis B atau C
Hepatitis C tidak memiliki vaksin saat ini. Hepatitis C dapat ditularkan secara seksual atau jika ada kemungkinan kontak darah ke darah. Berlatih seks aman dan hindari berbagi sikat gigi, pisau cukur, jarum suntik dan barang perawatan pribadi lainnya yang tidak perlu karena ini juga dapat menularkan hepatitis B atau C.

Jika kalian berpenyakit hepatitis B atau C, konsultasikan dengan dokter untuk program skrining untuk mendeteksi masalah sejak dini. Jika orang tua kalian pengantar dan atau kalian tidak yakin, segerakan untuk test Hepatitis. Berhati-hatilah jika kalian menderita Diabetes, Hipertensi, atau Kolesterol Tinggi.

Diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi membentuk sindrom metabolik dengan obesitas, menimbulkan risiko besar untuk penyakit hati berlemak. Menjaga diabetes, tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi di bawah kendali yang baik dengan diet, olahraga dan obat-obatan dapat membantu membatasi dan mencegah kerusakan hati. Harap tindak lanjut rutin dengan dokter.

Beberapa obat anti-kolesterol kadang-kadang dapat memiliki efek samping yang menyebabkan masalah hati. Beberapa obat dapat melukai hati kalian jika Anda minum alkohol ketika Anda meminumnya, atau jika Anda meminum banyak obat dalam kombinasi. Bicaralah dengan dokter atau apoteker Anda tentang obat Anda jika ragu.

Kurangi kebiasaan merokok atau berhenti merokok, Ada beberapa penelitian yang menghubungkan merokok dengan perkembangan kanker hati. Merokok juga dapat meningkatkan efek racun yang beberapa obat seperti parasetamol ada pada liver.

Itu uraian dari saya semoga kalau sudah tau kalian bisa menjaga pola hidup yang sehat, supaya tetap memilki hidup yang sehat. semoga bermanfaat.

Leave a Reply