Resep asli Seblak batagor (jajanan Bandung)

Berhubung Seblak dari Bandung dan saya sendiri orang bandung kebetulan lagi pulang ke rumah. saya tidak mau melewatkan jajanan ini. Meskipun jajanan ini sudah ada hampir di seluruh Indonesia tapi saya sebagai orang Bandung asli rasanya tetap saja tidak seenak di Bandung atau buatan diri sendiri.. 🙂 eh btw dulu kalau gak salah sebelum seblak di perjual belikan, seblak namanya bukan seblak tapi kerecek *sunda banget yah*. Soalna kerupuk nya yang di masak kaya krecek yang dari jawa itu loh, terus suka di campur tahu yang kuning buat pendamping makan sama nasi. Cuma yang di jawa kan pake kerupuk kulit kalau gak salah ya.

waktu berubah  akhirnya si tahu diabaikan. 😀 Seblak akhirnya cuma di masak kerupuk aja tapi buat cemilan bukan buat di pake sebagai pendamping nasi kaya dulu dan tau tau namanya di ganti yang tadinya kerecek jadi seblak. Nah setelah banyak yang berjualan dan Seiring bertambahnya waktu plussss kreativitas abang abang penjualnyaaa sekarang Seblak sudah banyak sekali macam nya dari yang tadinya kerupuk doank sekarang udah dari seblak Tulang,ceker,sosis,bakso,mie,cilok, batagor dan banyak lagi. Nah, kali ini saya mencoba seblak batagor yang menjadi salah satu favorite seblak saya di Bandung. jamin enak. haha. “Gak promosi ya soalna saya gak jualan”

Ini dia Resep simple seblak asli, cuma isinya saya ganti pake batagor kering yah.

Bahan yang di haluskan:

  • Bawang putih
  • Bawang merah
  • cabe rawit
  • Cabe merah keriting (optional)
  • kencur

Bahan II

  • Batagor kering (beli di pasar traditional)
  • penyedap
  • garam
  • air secukupnya
  • minyak goreng untuk menumis

Cara membuatnya:

  1. Tumis smua bahan yang di haluskan hingga harum, masukan air secukupnya.
  2. Masukan batagor kering, penyedap dan garam.
  3. Masak hingga kuah mengental.
  4. Angkat dan sajikan.
Seblak asli bandung
Ini penampakan batagor seblak🤤

Gampang banget kan yahh. bumbunya juga irit. Sekarang silahkan mencoba dan bedakan rasanya kalau buat sendiri dengan yang biasa kalian beli di abang nyaaaaaaaaa 🙂

 

Keindahan Danau Batur Bali

Danau batur bali

Danau batur bali yang memiliki kedalaman sekitar 65m yang berada tepat di lereng gunung yang berketinggian 1.050mdpl memiliki keindahan alam yang luar biasa menurut saya. Danau Batur dikelilingi oleh pegunungan dan pepohonan rindang itulah sebabnya tempat ini memberikan udara yang sangat sejuk. Oiya Danau ini juga danau terbesar yang ada di Bali lho.

Danau batur berbentuk seperti bulan sabit biasanya para wisatawan melihat Danau batur ini dari atas, banyak hotel dan restoran yang menyediakan dimana anda bisa menikmati pemandangan Danau Batur. Ansa juga bisa menikamati keindahan Danau Batur dengan mengelilingi Danau menggunakan perahu yang di sewakan juga oleh penduduk sekitar.

Katanya Danau ini terbentuk karna letusan gunung, dan masih aktif hingga sekarang. tapi tidak perlu kawatir untuk datang ke tempat ini karena keadaan Gunung masih dalam keadaan tenang. Selain tempat wisata ada tempat yang mungkin bisa anda kunjungi di sebelah barat Danau ada desa yang konon juga desa tertua di Bali Desa Trunyan, Desa ini di kenal dengan keunikannya dalam ritual pemakamannya.

Danau batur  ini berlokasi di daerah kintamani, jarak yang di tempuh jika anda berangkat dari denpasar anda akan menempuh perjalanan sekitar 1 sampai 2jam. Oiya Danau batur ini mempunyai suhu yang sangat dingin jadi bawalah jacket jika anda memang tidak kuat dengan udara dingin.

Untuk biaya masuk ke Danau Batur ini sendiri Hanya 15rb/org, Anda sudah bisa menikmati keindahan Danau Batur, Namun jika anda juga ingin menikmati pemandian air panas Anda perlu membayar ticket sekitar 60rb/org dan 30rb/anak2. Keindahan dan keasrian Danau Batur memiliki sisi yang tidak biasa, saya yakin ini perlu anda tulis di list untuk kunjungan anda berikutnya.

well, Danau batur tempat nya menurut saya emang bikin hati adem dan masih sangat sangat alam banget gimana jelasinnya yah. Suasana yang asri membuat kita betah disana, kalau saya sendiri sih lebih suka tempat yang masih bernuansa alam sehingga kita bisa lebih menyatu sama alam.