Cara terbaik mendidik anak supaya disiplin

Posted on

Mendidik anak memiliki rasa disiplin mereka dapat menahan godaan yang tidak sehat dan bekerja keras bahkan ketika mereka tidak ingin melakukannya. Tujuan utama dari disiplin seharusnya bagi anak untuk belajar ketika anak Anda membuat pilihan yang baik ketika Anda tidak di ada di rumah. disiplin adalah kunci supaya anak bisa menjadi orang dewasa yang mempunyai rasa tanggung jawab.

  • Terapkan Konsekuensi

Konsekuensi  dapat mengajarkan pelajaran terbesar dalam hidup, perlu diingat bahwa dia perlu belajar bagaimana mendidik membuat keputusan yang benar, dengan mengetahui segala konsekuensi dari apa yang mereka lakukan. tetapi biasanya anak anak membutuhkan konsekuensi logis misalnya anak susah bangun pagi mungkin butuh tidur lebih awal di malam hari supaya tidak terlambat bangun atau dia akan kena marah gurunya ketika dia tidak mengerjakan PR. Tugas kita adalah jelaskan konsekuensi hal yang paling buruk ketika dia mengambil keputusan yang tidak baik kemudian beri dia pilihan.

  • Jelaskan alasan di balik aturan anda

Ini membantu anak anak untuk memahami alasan yang mendasari aturan anda, tetapi jangan memulai penjelasan panjang atau ceramah yang akan membuat anak malah merasa bosan atau mungkin malah tidak di mengerti. Berikan penjelasan secara singkat tentang mengapa anda berpikir pilihan tertentu, itu mungkin dapat membantu anda anda memahami pilihannya dengan baik.

  • Berikan jadwal

Buat jadwal kegiatan yang sama setiap hari misalnya bangun pagi, membereskan tempat tidur, mandi lalu sarapan pagi. Buat kegiatan setelah sekolah yang mengajarkan anak bagaimana mengatur waktunya antara tugas sekolah,pekerjaan rumah dan kegiatan bemain mereka. Jaga kegiatan sederhana dengan latihan setiap harinya dia harus belajar menerapkan setiap kegiatan yang akan dia lakukan.

  • Ajarkan memecahkan masalah

Ajarkan mereka memecahkan masalah dan bekerja samalah untuk memecahkan masalah masalah spesifik yang berkaitan dengan kedisiplinan diri, bertanyalah kepada anak kira kira apa yang menurut mereka akan bisa membantu menjadi sebuah pengalaman membuka matanya yang dapat mengarah kepada solusi kreatif. teruslah mencoba berbagai solusi sampai anda menemukan sesuatu yang berhasil sambil membuat anak terlibat dalam proses itu.

  • Berikan reward

Ketika mereka mulai disiplin berikan lah hadiah kecil untuk mereka, tapi berikan sistem hadiah jangka pendek dimana mereka mulai melakukan kedisiplinan, perlu di ingat banyak hadian yang tidak perlu mengeluarkan uang misalnya memberikan waktu menonton tv sedikit extra atau melonggarkan waktu bermain untuk memotivasi anak agar menjadi lebih bertanggung jawab.

Anak anak belajar paling banyak sebetulnya karena melihat bagaimana kita. Jika anda memilih untuk shopping ke mall dari pada membersihkan rumah, dia akan memperhatikan kebiasaan anda. Jadikan lah diri sebagai prioritas terbaik untuk mencontohkan kedisiplinan kepada anak.

 

Leave a Reply