Manfaat imunisasi dan efek samping BCG

Posted on

eb92103c763e8b7ee7161bfe5748fd3d91e8318d-1477318759-580e1867-620x348

BCG atau Bacillus Calmette-Guerin. Imunisasi ini berfungsi melindungi bayi dari infeksi tuberkulosis atau TBC. imunisasi ini juga wajib di berikan kepada bayi sebelum usia 3bulan apabila di berikan pada bayi lebih dari 3bulan wajib menjalani tes tuberkulin karena tinggi nya resiko peradangan atau kemungkinan terjangkit tuberkulosis secara aktif.

Imunisasi BCG sangat efektif mencegah tuberkulosis termasuk tuberkulosis meningitis pada anak, karena mycobacterium bovine yang mirip dengan bakteri tuberkulosis manusia akan memicu imun. Tuberkulosis sangat berbahaya karena sangat mudah menyebar tak hanya beresiko menginfeksi paru paru, tuberkulosis juga menjangkit bagian tubuh lainnya seperti selaput otak,sendi,tulang dan ginjal.

Tuberkulosis memerlukan penyebaran lebih lama di banding flu dan batuk biasa namun ketika anggota keluarga serumah terkena Tuberkulosis anggota lain yang tinggal serumah akan memiliki peluang lebih tinggii untuk tertular.

Tiap tiap orang memiliki berbeda beda efek samping dari suntik BCG ini, namun efek samping yang  paling umum adalah melepuh atau lebam di area yang disuntikan dan biasa nya setelah beberapa minggu akan membesar di area yang di suntikan dan mengeras karna efek obat tersebut mengering di permukaan kulit

Note: BCG sangatlah penting untuk di lakukan agar melindungi anak kita dari berbagai penyakit yang mengerikan di waktu mendatang, namun perhatikan kondisi bayi sebelum melakukan suntik BCG karena menurut pengalam saya BCG tidak bisa di lakukan pada bayi yang sedang demam tinggi. anda bisa konsultasikan dulu dengan dokter anak…

Leave a Reply