Manfaat dan efek samping imunisasi DPT

Posted on

landscape-1446726317-g-jab-104822596

Apa manfaat dari vaksin DPT?
Vaksin DPT melindungi anak dari tiga penyakit Difteri, Tetanus, dan Pertussis (batuk rejan). ketiga penyakit ini berbeda yuk baca sampe bawah saya akan mengurai apa sih ketiga penyakit ini..

Difteri di sebabkan oleh bakteri yang menyebabkan demam, lemas dan sakit tenggorokan, lapisan tebal abu abu yang berkembang di belakang tenggorokan yang membuatnya sulit bernafas dan menelan hingga hilangnya nafsu makan. jika tidak di obati racun yang di hasilkan oleh bakteri bisa mengalami kelumpuhan dan mungkin gagal jantung.

Tetanus adalah bakteri yang menyebabkan kejang dan lumpuh. penyakit ini tidak menular, bakteri ini hidup di dalam tanah dan debu lalu masuk ke dalam tubuh melalui kulit, biasa nya orang terkena tetanus bisa di sebabkan dari luka tusuk, luka bakar dan cedera lainnya bahkan yang kecil sekalipun.

Pertusis atau batuk rejan adalah adalah infeksi bakteri yang sangat menular dan salah satu penyakit anak yang paling sering di cegah oleh vaksin. batuk rejan adalah batuk yang parah sehingga sulit untuk anak anak bernafas,makan dan minum. dapat menyebabkan radang paru2, kejang dan kerusakan otak lalu kematian.

Vaksin ini membantu melindungi bayi kita dan bayi lain yang ada di sekitar kita, Bayi di bawah usia 6bulan berada di resiko terbesar menjadi sakit parah atau meninggal akibat pertusis. DPT juga di sarankan untuk orang dewasa yang di suntikan setiap 10thn.

Efek Samping

Efek sampinya relatif umum biasnya terjadi setelah di suntikan terasa nyeri di area yang di suntikan dan demam ringan. Jika kalian memperhatikan ini kalian bisa bertanya kkepada dokter apakah tidak apa apa untuk memberikan acetaminophen (untuk semua usia) atau ibuprofen (untuk bayi usia 6bln) untuk meredakan demam dan jika anak punya reaksi buruk pada vaksin ini segera bicarakan pada dokter anak.

Oiya saran saya jika anak sedang sakit parah dan jadwal vaksin sudah di jadwalkan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak anda kemungkinan menunggu mereka pulih sebelum mendapatkan suntikan, dan itu juga akan lebih mampu menahan efek sampingnya.

 

 

Leave a Reply