Jenis Imunisasi / Vaksin Anak

Posted on

Sebagai orang tua kita pasti ingin melakukan apa pun yang bisa kita lakukan untuk melindungi anak dan menjaga mereka tetap aman dan sehat. Vaksin adalah cara penting untuk melakukan itu. Vaksin meniru infeksi penyakit tertentu dalam tubuh. Ini mendorong sistem kekebalan untuk mengembangkan senjata yang disebut antibodi.

Fungsi imunisasi sangatlah penting untuk sang anak, berbagai jenis imunisasi banyak manfaatnya untuk mencegah datangnya penyakit di kemudian hari. apa aja sih jenih imunisasi yuk kita urai disini.

Jenis Imunisasi

Hepatitis B melindungi terhadap infeksi hati dan jika hal ini tidak di lakukan akan berdampak berbahaya di kemudian hari.

DPT melindungi terhadap difteri, tetanus, dan pertusis (batuk rejan). Penyakit difteri adalah penyakit yang dapat mengganggu sistem pernapasan. Pada Tetanus berfungsi untuk mengeluarkan racun yang dapat menyerang saraf otot tubuh. Pertusis dapat menyebabkan terjadinya pneumonia.

BCG melindungi terhadap penyakit tuberkulosis atau biasa di sebut TBC. Infeksi ini digunakan untuk menjadi penyebab utama meningitis bakteri. Vaksin ini biasanya diberikan pada bayi sebelum usia 2 bulan.

Vaksin ini akan diberikan secara oral. Manfaat dari imunisasi polio dapat mencegah terjadinya polio, yang dapat menyebabkan bayi lumpuh atau cacat. Imunisasi ini diberikan dokter atau bidan sebanyak 4X, mulai usia bayi 1bln sampai 4bln.

Mencegah timbulnya penyakit campak pada bayi. Imunisasi ini cuma di berikan sekali saja pada saat bayi berusia 9 bulan.

Gimana mom udah tau kan sekarang ya, jangan sampai mengambaikan vaksin untuk si bayi karna itu untuk melindungi anak kita dari berbagai penyakit. Salam sehat

One thought on “Jenis Imunisasi / Vaksin Anak

Leave a Reply