Benerin dulu kata MAAF lo!!!!!

Posted on

Kata kata ini memang kita sering di dengar bahkan terdengar sangat biasa, tapi jangan lupa meskipun kata2 ini sangat biasa saja terdengarnya tapi untuk menerima kata “MAAF” tersebut itu ga semudah yang kita ucapkan. bagaimana mana gak, kata MAAF biasa di ucapkan ketika kita mempunyai rasa salah terhadap orang lain atau sebaliknya, sementara orang yang mempunyai rasa sakit yang mendalam belum tentu bisa menerima kata maaf tersebut dengan mudah seperti pengucapannya.

1

So, seperti biasa ini gue cerita dari pengalaman pribadi gue, jujur gue bukanlah orang yang sering ucapin kata “maaf” atau “memaafkan” terdengar egois sih dan gue kaya orang yang paling bener banget sedunia. tapi entar dulu gue punya alasan untuk itu.

Untuk gue kata maaf itu di ucapin ketika gue punya suatu kesalahan, itu artinya ketika gue ngucapin kata maaf untuk seseorang! seharusnya gue sndr tau donk kesalahan gue dimana artinya gue mesti memperbaiki kesalahan gue trsebut. Nah sekarang kalau lo ga tau kesalahan lo dimana terus lo minta maaf? apa yang lo bakal perbaiki dari kesalahan lo sendiri sementara lo ga tau salah lo dimana?

Kekuatan “MAAF” sendiri emang luar biasa, ketika kata maaf di ucapkan lalu yang di mintain maaf, memafkan dan menciptakan sebuah perdamaian,keharmonisan,kerukukan. tapi kalau ga tau alasan nya kenapa lo meminta maaf  dan ga tau kesalahan lo dimana. mikir ga bahwa akan ada kesalahan yang sama akan terulang? alasannya ya simple sama seperti yang gue tulis di atas tadi, dia ga tau kesalahan nya dia DIMANA! tapi dia lupa meminta maaf untuk menciptakan sebuah perdamaian  yang sesaat.

Karena ketika dia meminta maaf lalu gak tau kesalahan nya dimana, bagaimana dia cara memperbaiki kesalahannya dari kata MAAF yang dia ucapin??? saran gue, berfikirlah dulu ketika kita merasa sudah melakukan sebuah kesalahan, dimana letak kesalahan kita make sure  lagi kita bener2 melakukan kesalahan tersebut atau tidak.

Jangan panik apalagi kalau seseorang yang merasa lo buat kesalahan, ngambek misalnya, lo mending berfikir dulu take time sampe lo bener bener tau letak kesalahan lo tuh dimana. baru boleh minta maaf dengan kesalahan yang lo ketahui pastinya dan perbaiki kesalahan lo, tapi sebaliknya kalau lo ga ngerasa buat kesalahan tapi lo maksa buat minta maaf karna lo ga mau orang trsebut ngambek jadi ngambil cepet nya ya “minta maaf aja lah” biar damai.

nah menurut gue itu sebuah kesalahan, jangan lupa ini pasti bakal terjadi lagi walau dengan masalah yang berbeda, kalau lo bener2 ga tau kesalahan lo dimana ajak mereka/dia diskusi tanya dimana letak kesalahan lo sampe lo bener2 tau lo SALAH atau ENGGAK!!!

Maaf itu mahal, ucapkan lah kata maaf benar2 supaya tidak ada orang2 yang akan terluka berkali kali atas sikap kita..

 

 

Leave a Reply